Sintak Dasar HTML


Hasil gambar untuk html
HTML

HTML merupakan dasar atau tulang punggung dalam pembuatan sebuah Web. Dalam setiap file HTML akan selalu didahului dengan tag <html>. Tag ini akan membuat web browser mencoba membaca file yang ada didalam tag tersebut untuk ditampilkan dalam web browser. Pada akhir baris jangan lupa Anda harus selalu mengakhiri tag <html> dengan </html>. Sehingga akan kelihatan bahwa pada setiap tag HTML akan selalu :


<html>
</html>
 
 Penulisan Tag HTML adalah incasesensitive. Artinya, <HTML> akan sama dengan penulisan <html> atau <Html>. Untuk selanjutnya akan dibagi menjadi 2 seksi: head dan body.



HEAD

Header akan berfungsi sebagai tanda pengenal pada halaman yang akan Anda buat. Untuk mendefinisikan header dalam tag HTML maka anda harus menambahkan <head> dan </head> tag di bawah tag <html> dan akan menjadi seperti berikut :

<html>
<head>
</head>
</html>
 

BODY

Pada sintak body merupakan bagian dimana programer dapat menuliskan berbagai perintah yang ingin anda tampilkan pada halaman web. Sebagai definisi, body harus diketikan tag <body> dan ditutup dengan tag </body> dibawah tag header, sehingga akan terlihat seperti sintak dibawah ini :

<html>
<head>
…….
</head>
<body>
…….
</body>
</html>
 
 Untuk memberikan judul pada halaman web yang anda buat maka digunakan tag <title> dan </title>. Judul akan terlihat pada sudut kiri atas pada halaman web. Tag <title > akan berada di dalam tag  <head>. Kini anda dapat memulai memdesain halaman web anda dengan menggunakan beberapa software editor semisal notepad, notepad++, atau Dreamweaver.

<html>
<head>
<title> Mari Belajar HTML Dengan Senang… </title>
</head>
<body> Halloo… Saya adalah calon programmer HTML… hehee
</body>
</html>

Comments

Popular posts from this blog

Pemanfaatan Perangkat Lunak Presentasi Part 2

Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Kata

Membuat Algoritma Dengan Flowchart